E-Mail

BAB I
PENDAHULUAN
Sejarah E-mail
Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan computer yang terbentuk sebagai jaringan.
Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukakan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika.
Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSg yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah computer, sehingga orang lain yang memakai computer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu, ia melanjutkan eksperimenya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke computer lain yang berada di dalam jaringan ARPnet. Itulah awal terciptanya sebuah e-mail. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYYUIOP”
Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘@’ sebagai identitas e-mail untuk memisahkan user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at”atau”pada”.
Contoh alamat e-mail :
Sahrudin : nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver yahoo.com : nama mailserver tempat pengguna yang dituju, rincianya : yahoo : subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya merujuk ke suatu computer dalam lingkungan pemilik domain com : menunjukan bahwa domain ini termasuk kategori bisnis/komersial (commercial0.
Sebuah alamat e-mail terdiri atas dua bagian seperti contoh di atas yaitu di sebelah kiri tanda @ disebut user id (paksiman), yang menunjukan identitas pemilik e-mail tersebut. User id ini dapat berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor atau apapun juga. Sedangkan teks setelah lambing @ (yahoo.com0 disebut domain name/hostname yang menunjukan identitas domain tempat e-mail (mail server) tersebut disimpan.
Mulai tahun 1980-an surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai Negara menurun penghasilanya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian E-mail
E-mail adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.
B.     Manfaat Email
  1. E-mail dapat menghubungkan kita dengan siapa saja yang terhubung di internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal.
  2. Dengan e-mail, data dikirim secara elektronik sehingga sampai tujuan dengan sangat cepat.
  3. Dapat mengirim kepada lebih dari satu orang dengan saat bersamaan.
  4. Dapat mempermudah komunikasi dengan orang yang ada di seluruh dunia.
  5. Digunakan untuk berlangganan informasi tertentu secara periodik.
C.    Langkah-langkah membuat account E-mail
Berikut ini langkah-langkah membuat e-mail :
  1. Masukkan alamat webnya melalui mozilla atau internet explorer, pada panduan ini menggunakan mozilla
  2. Maka akan muncul jendela website yahoo.co.id sebagai berikut lalu klik daftar :
    1. Lengkapi Biodata Pribadi Anda pada Kotak Isian yang Telah Disediakan, seperti gambar berikut :
    2. Tentukan Kata Sandi (kata sandi berfungsi untuk membuka email anda nantinya) dan ID email (nama email anda, misal nama email yang anda pilih adalah anthrayuga, maka alamat emailnya menjadi anthrayuga@yahoo.co.id dibaca : anthrayuga[et]yahoo[dot]co[dot]id), seperti pada gambar berikut :
dalam membuat email, anda harus mengingat nama email anda serta kata sandi anda, karena kedua hal tersebut akan selalu anda gunakan pada saat anda akan membuka email anda nantinya !!!
  1. Membuat kata Pertanyaan serta Jawaban Pertanyaannya. Hal ini perlu dilakukan untuk menanggulangi jika suatu saat nanti anda lupa kata sandi yang telah anda buat.
Anda harus membuat atau memilih pertanyaan, dimana jawabannya yang akan selalu anda ingat !!
  1. Langkah membuat email selanjutnya adalah Tulis Ulang Kode Validasi pada Kotak isian yang Telah disediakan, Lalu Klik Buat Account Saya. Seperti terlihat pada Gambar Berikut :
  2. Jika Proses Pendaftaran Sukses, Maka akan Muncul Tampilan sebagai berikut :
  3. Selamat…. Anda sudah memiliki alamat email
D.    Membuka E-mail
Jika anda sudah memiliki alamat E-mail disaran satu situs webmail, untuk membaca dan mengirim E-mail anda dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
Dengan menggunakan browser di internet, masuki situs situs webmail anda, masukan nama user (user ID) besrta password anda dengan benar, kemudia tekan enter atau klik tombol sign up.
E.     Melampirkan File pada Email
  1. Bukalah email anda
  2. Klik New di bagian atas jendela sebelah kiri, untuk menulis atau mengirim email.
    1. Setelah di klik New, kita akan dihadapkan pada kotak isian surat Yahoo.
      Silakan isi seperti contoh berikut, mulai dari alamat yang dituju, subject dan isi surat kita.
    2. Setelah yakin, semua isian surat kita isi, cari di bagian atas, tombol Attach.
      Tombol ini akan menghubungkan email kita dengan lokasi dimana kita menyimpan file atau foto yang akan kita kirimkan lewat email.
    3. Selanjutnya Yahoo akan mulai melampirkan file atau gambar yang kita sisipkan lewat tombol attach tadi. Ini sama dengan proses Upload atau mengirimkan data ke internet.
      tombol Cancel berfungsi untuk membatalkan file yang akan dilampirkan.
      tunggu sampai proses scanning selesai….
    4. Jika proses scanning selesai tampilannya maka seperti Seperti ini……Jika proses scanning sudah selesai, akan muncul tombol remove di sebelah kanan file atau gambar yang akan kita kirimkan, yang berfungsi untuk menghapus lampiran file tersebut, jika memang tidak jadi dilampirkan dan akan diganti dengan flampiran lainnya.
      Untuk melampirkan file atau gambar lainnya, kita tinggal meng-klik lagi tombol Attach untuk meng-upload file ke email.
    5. Jika semuanya sudah yakin terisi dan file yang akan kita lampirkan sudah muncul di bagian lampiran (diantara subject surat dan isi surat)
      Maka langsung kita tekan Send (=kirim)
F.     Membaca Pesan Email Yahoo
  • Pada kotak ID yahoo : tulis alamat email
  • Pada kotak Sandi : isi dengan password/ kata sandi 
  • Klik “Mail”
  • Bila ingin membaca pesan inbox/ pesan masuk, klik “Judul Pesan”
  • Bila tidak ingin membaca Pesan Masuk Centang/ klik kotak kosong sebelah kiri dibawah tulisan DELETE (Jangan klik tulisan DELETE), lihat gambar
  • Lalu klik Action/ Tindakan
  • Pilih “Mark as Read/ Tandai sudah dibaca”
  • Maka Angka pada “Inbox/ Pesan Masuk” akan hilang
G.    Membalas Email
  1. Klik pesan untuk membukanya.
    1. Klik tombol “Balas” yang berada di atas Kotak Masuk. Jika Anda ingin membalas ke setiap orang yang menerima email (jika Anda adalah anggota kelompok yang menerima email tersebut), klik panah bawah di samping kanan tombol Balas, lalu pilih “Balas Ke Semua.” Dengan cara ini, balasan Anda akan dikirim kepada semua penerima pesan asli dan juga ke pengirimnya.
    2. Jendela Tulis akan terbuka. Jika Anda ingin menambah lagi penerima lainnya, Anda dapat mengetikkan alamat email tambahan.
Tergantung pada pengaturan “Tindakan Pesan” (lihat kotak di bawah), Anda akan melihat semua, sebagian, atau tanpa pesan asli si pengirim (pesan yang sedang Anda balas) di jendela Tulis.
Untuk menyesuaikan pengaturan ini:
  1. Klik “Opsi” di sudut kanan atas halaman Yahoo! Mail Anda
  2. Di bawah “Manajemen” klik “Preferensi Umum.”
    1. Anda dapat memilih, apakah Anda akan menyertakan semua, sebagian atau tanpa pesan asli dalam pesan balasan Anda. Jika Anda membuat perubahan,klik tombol “Simpan” di sudut kiri atas atau bawah.
Jika Anda memilih untuk menyertakan pesannya, Anda akan melihatnya di jendela Tulis dengan simbol “>” yang diulang di bawah margin kirinya.
  1. Ketik balasan Anda. Jika Anda memilih untuk menyertakan pesan asli si pengirim dalam balasan Anda, Anda dapat mengetik di bagian atasnya, di bawahnya, atau bahkan di dalam pesan si pengirim itu sendiri — untuk merespons secara ringkas pada bagian-bagian yang berbeda dari email mereka. Lihat contoh di bawah ini. Klik kursor di mana saja untuk mulai mengetik.
  2. Klik “Kirim” untuk mengirim balasan Anda.
H.    Menghapus Email
  1. Buka email anda
    1. Buat folder baru dengan klik “Add new” pada bagian folder mail di bagian kiri halaman emai anda, kemudian masukkan nama folder
    2. Buat filter (penyaring) email masuk dengan menekan link Option > Create filter
      1. Tentukan nama filter, kemudian Pada form isian berjudul “From” isikan dengan alamat email yang disaring, misal “facebook”
      2. Untuk tutorial lengkap pembuatan filter mail pada yahoo klik di sini
Sampai pada tahap ini, Anda telah siapkan untuk hapus email dari sumber tertentu dengan cepat, berikut langkanya:
  1. Klik folder tempat email yang telah difilter, misal sebelumnya anda membuat folder “facebook” untuk menyaring email dari facebook, maka klik icon folder facebook pada blog folder di bagian kiri halaman email anda.
  2. Centang dengan klik kotak select di bagian judul, langkah ini akan menyeleksi semua email yg masuk pada folder tersebut
  3. klik tombol/link delete, kemudian tekan “yes” … ketika halaman kondirmasi muncul.
  4. I.  Kelebihan Email
  • email tidak memerlukan amplop dan perangko serta pembuatannya tidak memerlukan pulpen, kertas, maupun tinta seperti halnya surat yang biasanya.
  • Proses berkirim email pun dapat dilakukan dengan sangat cepat ke seluruh dunia sehingga dapat menghemat uang dan waktu dalam berkirim surat.
  • pengiriman email secara ideal dapat dilakukan dengan mudah setiap saat dan di mana pun kita berada.
  • email tidak menggunakan kertas, pengiriman email cenderung lebih bebas sampah.
  • Lebih aman. Email yang dikirim tidak takut atau khawatir tidak sampai selama jaringan komunikasi internet tetap tersedia. Pengiriman surat secara konvensional lebih mudah rusak atau hilang Karena perjalanan, bencana atau mudah disabotase.
  • Fleksibel. Email yang telah dikirim dan diterima akan mudah dibuka (dibaca dimanapun berada tempatnya, mudah dimodifikasi, dan segera dikirim kembali kepada pengirim atau kepada yang lainnya.
  • Mudah digandakan
  • Sederhana dan formatnya lengkap. Isi email yang dikirimkan dapat berupa data teks, gambar atau grafik, video bahkan suara dengan menggunakan tempat yang lebih sederhana.
J.       Kekurangan Email 
  • Kemungkinan terjadinya terjadinya pemalsuan identitas.
  • kemungkinan terjadinya penyadapan informasi. Hal ini bisa terjadi  terlebih jika kita menggunakan komputer yang digunakan secara massal misalnya di warnet atau di komputer umum. Jadi penggunaan email lebih aman jika menggunakan komputer pribadi.
  • dalam proses pengirimannya ,komputer dalam posisi online / connect ke internet.
  • pengiriman lampiran file hanya berwujud teks / gambar tidak dapat mengirimkan paket / barang.
  • jika tidak hati-hati bisa saja fasilitas e-mail d gunakn u/ menyebar kn virus.
  • pengiriman harus mengingat user name & password pada saat mengirimkan e-mail
  • Hilangnya informasi.
Terkadang e-mail menggunakan bahasa yang tidak baku, sehingga memungkinkan adanya informasi yang hilang dan tidak dapat dipahami oleh penerima.
  • Spam
E-mail yang tidak dikehendaki kadang masuk ke mailbox sehingga menyebabkan over-flow, dengan informasi-informasi yang tidak berguna
  • Inkonsistensi
E-mail dapat menyebabkan duplikasi informasi. Hal ini karena terjadi jika tim bekerja rame pada dokumen. Selain itu, penggunaan e-mail oleh banyak orang dapat menimbulkan masala. Misalnya muncul flaming. Flaming terjadi jika seseorang mengirim peran yang berisi kemarahan atau pesan antagonis . Hal ini bisa terjadi karena interaksi yang terjadi pada penggunaan e-mail bukanlah interaksi langsung sehingga terkadang mengabaikan sisi kemanusiaan.
K. Mengenal Fasilitas Email
Beberapa fasilitas e-mail antara lain sebagai berikut :
  • · Inbox
Merupakan tempat menyimpan surat atau e-mail sebagai mana layaknya sebuah folder penyimpanan file di dalam komputer. Inbox dapat digunakan untuk memeriksa surat, membaca serta mengelolanya.
  • · Check Mail
Merupakan fasilitas link perintah untuk mencek surat – surat yang baru masuk atau membaca surat – surat lama yang berada di Inbox.
  • · Compose
Merupakan fasilitas link perintah untuk menampilkan lembar pembuatan surat baru yang akan dikirim
  • · Folders
Merupakan fasilitas pengarsipan bagi surat – surat, baik surat yang telah terkirim maupun surat yang telah diterima.
  • · Address Book
Merupakan fasilitas untuk membuat yang menyimpan daftar alamat e-mail penting (misalnya e-mail relasi dan rekan).
  • · Reply
Merupakan fasilitas link perintah untuk menampilkan lembar pembuatan surat balasan berdasarkan sebuah e-mail yang telah dibaca. Melalui fasilitas ini, tidak perlu lagi mengetik alamat e-mail tujuan dan judul surat, cukup mengetik pesan balasan di atas pesan yang diterima.
  • · Forward
Merupakan fasilitas untuk mengirim kembali sebuah e-mail yang diterima tanpa melakukan perubahan pada isi e-mail.
  • · Trash
Merupakan tempat pembuangan sementara di e-mail yang sudah di hapus dan tidak diperlukan lagi.
  • · Attachment
Merupakan fasilitas untuk menyertakan data lampiran pada pesan e-mail yang akan dikirim ( misalnya file dokumen atau foto)
  • · Option/Configuration
Merupakan fasilitas untuk mengatur account e-mail seperti mengubah data personal, memberi tanda identitas otomatis pada bagian akhir setiap surat, memblokiran alamat e-mail tertentu, pengubahan password dan sebagainya.
  • · Bulk Mail
Merupakan fasilitas tambahan yang disediakan situs-situs tertentu untuk menyaring dan menyimpan scara otomatis penerimaan e-mail baru yang dianggap tidak penting atau mengganggu seperti e-mail promosi atau sejenisnya.
  • · Signature
Merupakan fasilitas pemberian tanda identitas pengirim surat otomatis yang akan selalu disertakan pada bagian akhir setiap e-mail baru yang dikirim (dapat dibuat melalui fasilitas option).
L. Macam-Macam Email
1. pop mail
POP singkatan dari Post Office Protocol. Jalan yang dilalui sebuah e-mail mirip dengan yang dialami oleh sebuah snail mail, yang harus melewati beberapa kantor pos perantara sebelum akhirnya sampai ke tujuan. Sebuah e-mail akan melewati beberapa komputer yang berperan sebagai router atau e-mail server, sebelum akhirnya tiba pada e-mail server yang ada pada ISP di mana alamat e-mail kita terdaftar.
E-mail jenis ini sama dengan e-mail yang kita terima dari ISP (bagi yang connect dari rumah dan kantor). Contohya apabila kita menggunakan jasa ISP Indo.net maka akan mendapatkan satu atau lebih layanan internet.
Keuntungan:
  1. Lebih cepat untuk mengirim beberapa e-mail sekaligus
  2. Dapat mengunakan server e-mail dari ISP (provider) untuk mengirim
  3. Tidak perlu dikejar waktu untuk membalas e-mail karena dapat mengetik e-mail dengan offline dan baru dikirim.
Kerugian:
  1. Harus mendownload e-mail dahulu selama online
  2. Diharuskan mensetting pada program e-mail tersendiri seperti EudoraNetscape e-mailMicrosoft Outlook
  3. Diharuskan untuk men-setup program e-mail dari dan kemanae-mail tersebut di kirim
2. e-mail forwarding
E-mail Forwarding adalah nama e-mail netter yang di forward atau dipindahkan. Netter cukup meminta sebuah nama e-mail dan meminta ISP tersebut untuk memindahkan ke e-mail lain. e-mail Forwardingberfungsi mengalihkan (mengirim kembali) sebuah nama e-mail lain dan server akan mengirimkan ke e-mail lain yang sudah ditentukan sewaktu meregistrasi. Forward e-mail tidak mengijinkan sebuah nama e-mail yang bouncing atau berpindah dengan nama yang sama. Bila ini dilakukan, e-mail forward akan menghapus e-mail Forwarding tersebut.
E-mail jenis ini akan terasa manfaatnya apabila kita yang belum menemukan layanan e-mail yang cocok atau suka ganti-ganti e-mail. Pada dasarnya ini merupakan e-mail yang dikirim kepadanya ke account kita yang lain.
Keuntungan:
  1. Berfungsi mengirim sebuah nama e-mail ke nama e-mail lain
  2. Dapat berganti-ganti (forward) ke server / nama e-mail lain
Kerugian:
  1. Bertujuan hanya memindahkan e-mail
  2. Attachment file biasanya dibatasi.
3. web based e-mail
Web-based e-mail, atau e-mail berbasis web dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan jasa e-mail kepada orang yang memiliki akses internet, tetapi tidak memiliki account e-mail sendiri, atau yang dimiliki bukan akses ke e-mail server, tapi ke sebuah web server.
Jadi, orang yang akan mengirimkan e-mail pertama-tama harus mengikuti prosedur untuk membuat sebuah account e-mail yang pada umumnya disediakan secara gratis. Setelah selesai kita akan memiliki sebuah account e-mail dengan user name yang telah kita tentukan dan domain name yang sudah ditetapkan oleh si pemberi jasa e-mail gratis ini, termasuk dengan password.
Bila kita akan mengecek apakah ada e-mail yang ditujukan untuk kita maka kita akan harus masuk ke bagian inbox yang tentu disediakan di halaman tertentu di website yang memberikan jasa e-mail semacam ini.
Sekali lagi, semuanya tidak menggunakan e-mail client, tapi fasilitas yang dibuat khusus pada sebuah website. Contoh untuk ini banyak sekali, seperti hotmail.comyahoo.comgmail.com, dan lain-lain.
Keuntungan:
  1. Real time
  2. Sangat mudah digunakan
  3. Tidak perlu mendownload e-mail dan langsung dilakukan selama online
Kerugian:
  1. Mengirim dan membuka e-mail harus dilakukan selama online
  2. Harus dibuka satu persatu pada e-mail
  3. Membalas e-mail juga harus selama online.
BAB III
PENUTUP
A.KESIMPULAN
E-mail adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.
E-mail dapat menghubungkan kita dengan siapa saja yang terhubung di internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal.
B. SARAN
Sebagai anggota masyarakat dan pengguna situs-situs email pada yahoo atau lainya., sehingga kita tidak lebih sibuk mengurusi dan menghabiskan waktu yang seharusnya kita gunakan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi secara langsung dengan orang yang ada disekitar kita, bukan dengan orang yang baru saja akan kita temui di dunia maya.
Karena dengan penggunaan email dan situs jaringan pertemanan lainya dengan baik, benar dan bertanggung jawab, kita dapat menggunakan fasilitas-fasilitas umum itu dengan nyamann, tidak mengganggu kepentingan orang lain dan aman.

Komentar