MATERI MICROSOFT WORD
1. PENGERTIAN MICROSOFT WORD
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word
processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan
pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain
kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple
Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft
Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft
Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
2. FUNGSI MICROSOFT WORD
Sebagaimana yang kita ketahui, MS WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan
dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa
memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD, padahal dengan
memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen.
Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali (terutama untuk
saya pribadi) berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD.
3. CARA MENGAKTIFKAN MICROSOFT WORD
1. Pilih dan Klik tombol Start
2. Pilih menu program
3. Kemudian, pilih dan klik program Microsoft Word
4. Tunggu sampai jendela program aplikasi Word
ditampilkan
4. FASILITAS MICROSOFT WORD
1. Ikon Kontrol Menu
(Control Menu Ikon)
Digunakan untuk
mengontrol jendela yang sedang aktif. Letaknya dipojok kiri paling atas sebelah
baris judul.
2. Baris Judul (Title
Bar)
Adalah informasi
berisi nama file dan nama program yang aktif atau sedang dikerjakan dalam
Microsoft Word.
3. Tombol Ukuran
(Sizzing Button)
Digunakan untuk
menentukan besar tampilan layar jendela word. Letaknya disebelah ujung kanan
pada baris judul. Macam-macam tombol ukuran :
a.
Minimize Button :
Untuk memperkecil ukuran jendela word
b.
Maximize Button : Untuk memperbesar ukuran jendela word
c.
Restore Button :
Untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula
d.
Close/Exit Button :
Untuk menutup jendela dan mengakhiri program word
4. Baris Toolbar (Tool bar)
Adalah kumpulan perintah dalam bentuk ikon-ikon yang berisi tool atau alat
untuk mempermudah menyelesaikan dokumen. Fungsi utama Toolbar adalah
mempercepat akses kesejumlah perintah yang sering dipakai. Untuk menggunakan
Toolbar, klik salah satu icon yang mewakili perintah yang kita inginkan. Bila
ikon tampak tertekan ke dalam, berarti ia sedang diaktifkan. Untuk
menonaktifkannya, kita tinggal menekan ikon tersebut sekali lagi. Secara
default, toolbar di Ms. Word ada dua yaitu Toolbar Standar dan Formating.
a. Toolbar
Standar
Berisikan beberapa ikon untuk mengerjakan operasi standar, seperti menyimpan, membuka, mencetak dokumen, dan sebagainya. Biasanya, akan lebih cepat dengan mengklik sebuah tombol pada toolbar dari pada memilih perintah pada suatu menu. Toolbar Standar dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan mengklik View > Toolbar > Standar.
Berisikan beberapa ikon untuk mengerjakan operasi standar, seperti menyimpan, membuka, mencetak dokumen, dan sebagainya. Biasanya, akan lebih cepat dengan mengklik sebuah tombol pada toolbar dari pada memilih perintah pada suatu menu. Toolbar Standar dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan mengklik View > Toolbar > Standar.
b. Toolbar
Formating
Berisikan ikon untuk mem-format obyek-obyek pada dokumen. Obyek tersebut bisa berupa gambar, tabel, atau text dan sebagainya. Toolbar formatting bisa juga digunakan untuk memilih berbagai jenis huruf dan ukurannya. Toolbar formatting dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan memilih View ð Toolbar ð Formating.
Berisikan ikon untuk mem-format obyek-obyek pada dokumen. Obyek tersebut bisa berupa gambar, tabel, atau text dan sebagainya. Toolbar formatting bisa juga digunakan untuk memilih berbagai jenis huruf dan ukurannya. Toolbar formatting dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan memilih View ð Toolbar ð Formating.
5. Rullers
Adalah mistar tabulasi yang terdapat pada bagian atas
atau samping kiri dokumen. Mistar atau ruler ini berguna sebagai indikator
lebar dan tinggi halaman dokumen berikut margin-nya. Untuk` Ruler horizontal,
berfungsi juga sebagai alat pengaturan tabulasi dan indentasi. Ruler ini bisa
ditampilkan dan juga bisa dihilangkan. Caranya, Klik View + Ruler.
6. Area Pengetikan
Adalah
tempat kita untuk mengetik atu mambuat dokumen. Kita dapat memulai mengetik
teks pada posisi keberadaan kursor, dan setelah itu kursor secara otomatis
bergerak ke arah kanan dengan jarak satu karakter.
7. Kursor
Berbentuk garis vertikal yang berkedip-kedip. Setiap
karakter yang kita ketik akan muncul pada posisi kursor ini.
1. Panah
atas :
Memindahkan satu baris ke atas
2. Panah
bawah :
Memindahkan satu baris ke bawah
3. Panah
kiri :
Memindahkan satu karakter ke kiri
4. Panah
kanan :
Memindahkan satu karakter ke kanan
5. Home
: Memindahkan ke awal baris pengetikan
6. End
: Memindahkan ke akhir baris pengetikan
7. Ctrl+Home :
Memindahkan ke awal dokumen
8. Ctrl+End :
Memindahkan ke akhir dokumen
9. Ctrl+panah
atas :
Memindahkan ke awal paragraf sebelumnya
10. Ctrl+panah bawah :
Memindahkan ke awal paragraf selanjutnya
11. Ctrl+panah
kiri :
Memindahkan ke awal kata sebelumnya
12. Ctrl+panah
kanan : Memindahkan ke awal kata
berikutnya
8. Task Pane
Merupakan jendela yang ditampilkan di sebelah kanan
dokumen dan membantu ketika mengedit dokumen.Jendela task pane akan ditampilann
secara otomatisn sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilakukan.
9. Scroll Bar
Adalah papan navigasi untu menggulung layar dokumen,
baik secara vertikal maupun horizontal. Bisa juga menggeser lembar dokumen ke
kekiri atau ke kanan . Scroll bar yang digunakan untuk menggulung secara
vertikal dikenal dengan nama Vertical Scroll bar dan untuk menggeser ke kiri
atau ke kanan, disebut Horizontal Scrool bar. Cara menampilkan atau
menyembunyikan Scrool Bar, Klik Tools ð Option ð View ð Beri tanda centang pada
Horizontal Scroll bar ataupun Vertical Scroll bar ð Klik OK .
10. Office Assistant
Merupakan ikon untuk menampilkan menu batuan (help)
dari suatu program aplikasi. Biasanya ditampilkan dalam bentuk gambar animasi
yang menarik
Untuk mengubah tampilan Office Asistant, ikuti langkah-langkah berikut :
Untuk mengubah tampilan Office Asistant, ikuti langkah-langkah berikut :
a.
Posisikan pointer mouse pada gambar office asisten,
lalu kili kanan 1x
b. Pada
kotak percakapan office asisten, pilih dan klik tombol option
c. Muncul
tampilan kotak dialog office asisten
d. Klik
tab Gallery
e. Untuk
memilih bentuk tampilan Office Assisant, klik tombol perintah Next atau back
f.
Klik OK jika tampilan sudah sesuai dengan keinginan
kita.
11. Tampilan Pilihan
Layar (Tombol View)
Digunakan untuk mengubah tampilan jendela dokumen
dengan cepat (Normal, Web Layout, Print Layout, Outline, atau Reading).
12. Status Bar
Adalah
baris informasi pada posisi paling bawah dokumen. Status bar ini memberikan
informasi mengenai jumlah halaman, halaman yang aktif dan sebagainya.
5. FUNGSI CONTROL PADA KEYBOARD
1. CTRL + A Memblok seluruh teks pada dokumen
2. CTRL + B Mempertebal tulisan
3. CTRL + C Meng-copy atau menyalin teks pada dokumen
4. CTRL + E Perataan tengah pada teks dalam paragraf
5. CTRL + F Mencari kata/kalimat
6. CTRL + G Memunculkan find and replace untuk mencari
halaman
7. CTRL + H Memindahkan,menggantikan
8. CTRL + I Memiringkan kata/tulisan
9. CTRL + J Perataan di kiri dan kanan secara cepat
10. CTRL + K Menyisipkan hyperlink
11. CTRL + L Perataan kiri pada teks dalam paragraf
12. CTRL + M Membuat indentasi kiri
13. CTRL + N Membuat dokumen baru
14. CTRL + O Membuka file/dokumen
15. CTRL + P Membuka kotak dialog printer secara cepat
16. CTRL + Q Memberi spasi 1 dan merata kirikan 1 paragraf
17. CTRL + R Perataan kanan pada teks dalam paragraf
18. CTRL + S Menyimpan dokumen secara cepat
19. CTRL + T Membuat indentasi kanan secara cepat
20. CTRL + U Menggaris bawahi/underline
21. CTRL + V Menempatkan kembali dokumen yang telah
dipotong/di-copy
22. CTRL +W Menutup jendala dokumen
23. CTRL + X Memotong teks pada dokumen
24. CTRL + Y Mengembalikan perintah yang telah dibutuhkan
25. CTRL + Z Membatalkan/mengembalikan teks yang telah
terhapus
26. F1 Menampilkan bantuan jika mengalami kesulitan
27. CTRL + 1 Spasi 1
28. CTRL + 2 Spasi 2
29. CTRL + 5 Spasi 1,5
30. CTRL + J Memperbesar huruf
31. CTRL + L Memperkecil huruf
32. F12 Save as/menyimpan dokumen
33. ALT + F4 Keluar dari microsoft word secara cepat
34. CTRL+ALT+F Mengganti huruf
35. CTRL+SHIFT+P Mengganti ukuran huruf
36. ALT+CTRL+F Memberi footnote
37. SHIFT + F3 Mengganti huruf kecil menjadi huruf besar
38. ALT+CTRL+D Menyisipkan endnote pada dokumen
39. CTRL + SHIFT Menampilkan format simbol yang
tersembunyi
40. ALT +PRT SC Meng-copy print out (paste) ke Ms.
Word
6. FUNGSI TOMBOL PADA KEYBOARD
1. ESC Membatalkan/keluar dari suatu perintah/menu
2. TAB Memindahkan kursor 1 tabulasi ke kanan
3. CAPS LOCK Lampu menyala jadi huruf besar/tidak menyala
jadi huruf kecil
4. ALT & CTRL Membantu mengoperasikan/menjalankan
perintah program
5. DELETE Menghapus 1 karakter pada posisi kursor
6. ENTER Berpindah ke baris baru/mengakhiri sebuah
paragraf
7. INSERT Menyisipkan karakter
8. HOME Memindahkan kursor ke posisi paling kiri suatu
baris
9. PAGE UP Menggulung layar monitor ke atas seukuran
tampilan pada monitor
10. PAGE DOWN Menggulung layar monitor ke bawah seukuran
tampilan pd monitor
11. END Memindahkan kursor ke akhir baris/halaman/lembar
kerja
12. FUNGSI F1-F2 Memanggil menu/menjalankan perintah yang
sudah di program
13. BACK SPACE Menghapus 1 karakter di sebelah kiri kursor
INTERNET
Di zaman yang maju akan teknologi
seperti sekarang ini pasti sudah sangat banyak orang yang mengetahui bahkan
memakai yang namanya Internet, tetapi masih ada sebagian orang yang belum
mengetahui pengertian dan fungsi dari yang sebenarnya. Selain internet ada juga
yang namanya Intranet, secara harfiah internet dan intranet memiliki pengertian
yang berbeda, tetapi internet dan intranet memiliki satu kesamaan, yaitu
berfungsi untuk menghubungkan komputer satu sama lain, nah disini saya akan
menjelaskannya apa pengertian dan perbedaan dari Internet dan Intranet.
1. Pengertian Internet
Internet
adalah sebuah jaringan yang menghubungkan komputer satu sama lain yang
menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol atau Internet
Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran sehingga kita bisa saling
berkomunikasi, berinteraksi, dan saling bertukar informasi meski dalam jarak
yang jauh.
2. Pengertian Intranet
Selain
Internet ada juga yang namanya Intranet, Intranet adalah jaringan pribadi
(Private Network) yang mengunakan internet untuk saling berbagi dan bertukar
informasi di dalam jaringan lokal contohnya adalah: Perusahaan, Kantor, Sekolah
Universitas DLL. Intranet juga termasuk ke dalam salah satu jaringan LAN (Local
Area Network) yang hanya bisa mencakup wilayah kecil.
Baca Juga : Mengapa Domain
Penting untuk Bisnis ?
3. Perbedaan Antara Internet dan
Intranet
Internet :
- Jaringan yang sangat Luas
(Internasional Bahkan Sedunia)
- Memiliki Jaringan yang Kuat
- Perkembangan yang Sangat Pesat
- Bisa di akses kapan saja dan
dimana saja
Intranet:
- Jaringan yang kecil dan sempit
(hanya mencakup wilayah lokal)
- Perkembangannya yang lambat
- Biasa digunakan oleh
perkantoran, sekolah, universitas, rumah sakit, dll
EMAIL
Apa itu Email? Pengertian
Email atau surat elektronik adalah suatu sarana untuk mengirim dan
menerima surat atau pesan dengan format digital melalui jalur jaringan komputer
dan internet.
Pesan digital atau surat elektronik tersebut dapat
dibuat dan dikirim ke alamat email lainnya dengan menggunakan komputer/ laptop
dan gadget lainnya, seperti smartphone dan tablet yang terhubung dengan
internet.
Bila jaman dulu mengirim surat menggunakan kertas dan
tinta dimana proses pengirimannya bisa berhari-hari, saat ini mengirim pesan
via email hanya butuh waktu beberapa detik saja.
Saat ini, mengirim pesan via email merupakan salah
satu cara yang paling efisien, cepat, dan murah.
https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/internet/pengertian-email.html
https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/internet/pengertian-email.html
Komentar
Posting Komentar